Saturday 5 November 2016

How to be a Successful in Life? | Jack Ma


Pesan singkat dari Jack Ma, pendiri Alibaba, tentang bagaimana kita menjalani fase-fase kehidupan. Jangan khawatir, segala kegagalan adalah hasil yang luar biasa bagi dirimu. Saya memberitahumu dan memberitahu banyak orang.

“Sebelum umur 20 tahun, jadilah murid yang baik. Belajar dengan benar dan serap ilmu sebanyak-banyaknya.”

“Sebelum 30 tahun, ikuti seseorang, kerja di perusahaan kecil. Normalnya, perusahaan besar baik untuk kamu yang mau belajar proses karena kamu akan menjadi bagian dari mesin yang besar. Akan tetapi, jika kamu masuk ke perusahaan kecil, kamu akan belajar passion, kamu belajar mimpi, kamu belajar bagaimana melakukan banyak hal. Ketika umurmu di bawah 30 tahun, ini bukan tentang kemana kamu bekerja, tapi tentang siapa yang menjadi bos kamu. Bos yang baik mengajarimu banyak hal. Ini adalah saran saya untuk anak muda. Di usia 25 tahun, buatlah kesalahan sebanyak-banyaknya, jangan takut gagal. Kamu gagal, kamu berdiri lagi, kamu gagal, kamu berdiri lagi, enjoy!”

“Di umur 30-40 tahun, kamu harus berpikir sangat jernih. Apakah kamu mau bekerja untuk dirimu sendiri? Apabila kamu mau menjadi pengusaha.”

“Di usia 40-50 tahun, kamu harus melakukan sesuatu yang memang kamu kuasai, jangan mencoba hal baru lagi karena sudah sangat telat. Mungkin saja kamu bisa sukses, tapi peluang untuk mati lebih besar lagi.”

“Di usia 50-60 tahun, bekerjalah dengan anak muda. Karena anak muda bisa bekerja lebih baik dari kamu. Andalkan mereka, berani melakukan investasi dengan mereka, pastikan kamu bisa menjadikan mereka lebih baik.”

“Di atas 60 tahun, habiskan waktu untuk dirimu sendiri. Di pantai dan berjemur dengan nyaman?”


Saya sendiri memiliki banyak penyesalan, saya menyesal karena tidak pernah berbicara depan publik karena saya merasa punya privasi. Saya menyesal karena saya hanya menghabiskan waktu sedikit sekali bersama keluarga. Istri saya berkata, kamu tidak ada di antara kami, kamu ada di antara Alibaba. Waktumu sangat pendek. Kita punya banyak masalah yang orang lain tidak tahu. Orang mungkin melihat saya kaya dan sukses, belum tentu.


Pesan singkat ini mengajarkan kita banyak hal:
  1. Di usia 20-30 tahun, yang utama bukanlah saat kita mengejar kekayaan, tetapi mengejar ilmu dari orang-orang yang telah meraih kesuksesan dan bisa memberikan kita cara ajar yang baik dan benar tentang hidup dan sukses. 
  2. Di usia 30-40 tahun, beranikan diri untuk mulai berani bekerja untuk diri sendiri. Tentu saja lebih muda lebih baik, tapi di usia 30-an tentu belum terlambat, malah mungkin kita sudah punya kebijaksanaan yang lebih lagi dalam berpikir dan bertindak. 
  3. Di usia 40-50 tahun, fokus dengan apa yang kita kuasai, sudah terlalu tua dan sia-sia apa yang kita pelajari selama 30-40 tahun di belakang apabila harus memulai dari awal lagi. 
  4. Dan umur 50-60 tahun, kita harus berani memberikan ruang bagi anak muda karena mereka sudah jauh lebih pintar dari kita, perubahan zaman. Maksimalkan mereka dan andalkan mereka untuk meneruskan apa yang telah kita buat serta membuat kita menjadi lebih baik dan sukses pula. 
  5. Di atas usia 60 tahun, nikmati apa yang telah kamu perbuat dan jangan menyesali hal tersebut.

No comments:

Post a Comment